LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
PPPPTK BBL MEDAN

Drs. Rasoki Lubis, M. Pd
NIP. 196604101991031004

Penelitian Diklat Penjenjangan Widyaiswara Tingkat Menengah 02 Desember 2019
Ditulis oleh : DAI - Bidang :

05 Desember 2019 - 09:06:07 WIB

Pada tanggal 02 Desember 2019 dua orang widyaiswara PPPPTK BBL yaitu Mujur Sahata E Matondang, S.Pd, M.Si dan Sarmulia Sinaga, ST, MT memaparkan hasil penelitian mereka dalam rangka Diklat Penjenjangan Widyaiswara Tingkat Menengah.

Penelitian pertama Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Minat Menulis KTI Widyaiswara PPPPTK BBL Medan ditulis oleh Mujur Sahata E. Matondang, S.Pd, M.Si. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi bahwa salah satu tugas widyaiswara dalam pengembangan profesinya adalah dengan melakukan karya tulis ilmiah (KTI) namun di lain kondisi KTI yang diajukan oleh widyaiswara untuk penilaian kinerja dalam bentuk angka kredit masih kurang.

Berdasarkan data variabel motivasi berprestasi dapat digambarkan bahwa:

  1. Motivasi Berprestasi  Widyaiswara PPPPTK BBL  lebih cenderung berada pada kategori sedang sebanyak 82,05 %

  2. Terdapat pula kelompok dengan motivasi berprestasi tinggi sebanyak‚  17,95%

 3.  Dan tidak terdapat widyaiswara dengan motivasi yang kurang dan rendah

Berdasarkan data variabel minat menulis KTI dapat digambarkan bahwa:

  1. Minat menulis KTI Widyaiswara PPPPTK BBL  lebih berada pada kategori‚  tinggi sebanyak 71,80 %

  2.Terdapat pula kelompok dengan minat menulis KTI kategori‚  sedang sebanyak  28,20 %

 3.  Dan tidak terdapat widyaiswara dengan minat menulis KTI yang kurang dan rendah

Kesimpulan :

Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, maka dapat disimpulkan:

  1. Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi berprestasi dengan minat menulis karya tulis ilmiah (KTI) widyaiswara PPPPTK BBL Medan.‚  Dengan motivasi berprestasi yang ada pada widyaiswara dapat menjadi salah satu pendorong minat widyaiwara untuk melakukan kegiatan karya tulis ilmiah yang merupakan salah satu kunci penting dari penilaian kinerja widyaiswara melalui penilaian angka kredit.
  2. Motivasi berprestasi widyaiswara masih berada pada kategori cukup , sehingga perlu suatu upaya untuk menaikkan motivasi berprestasi
  3. Minat menulis KTI widyaiswara PPPPTK BBL Medan sudah dalam kategori tinggi sehingga perlu untuk memanfaatkannya dalam melakukan kegiatan menulis.

Penelitian kedua Analisis Perbandingan Hasil Pembelajaran Matematika Metode Konvensional dengan Alat Bantu Geogebra ditulis oleh Sarmulia Sinaga, ST, MT.

Geogebra adalah aplikasi open source yang di desain khusus untuk materi pengajaran dan belajar geometri dan aljabar. Programnya memungkinkan penggunanya secara mudah untuk mengelola bentuk dengan lingkungan yang atraktif sehingga bisa memilih bentuk mana yang ingin dipelajari dengan hanya meletakkan titik-titik, garis, atau sudut di manapun.

Dari penelitian ini didapat kesimpulan bahwa:

Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pembelajaran matematika dengan alat bantu Geogebra  dengan tingkat yang begitu kuat untuk menambah minat belajar peserta didik, pemecahan masalah berpikir tingkat tinggi dan meningkatkan nilai dan ketuntasan belajar.

Selanjutnya diberikan rekomendasi dan saran sebagai implikasi dari penelitian ini sebagai berikut:

1.  Perlu dilakukan penelitian lanjutan tentang besarnya pengaruh penggunaan alat bantu Geogebra terhadap menambah minat belajar peserta didik, pemecahan masalah berpikir tingkat tinggi dan meningkatkan nilai dan ketuntasan belajar.

2.  Untuk PPPPTK BBL, perlu monitoring yang lebih intensif terhadap konten diklat, alumni diklat hingga ke peserta didik.

Pemaparan Hasil Penelitian ini dihadiri oleh Ka. PPPPTK BBL, Pejabat Strutural, Widyaiswara, Fungsional Umum dan Fungsional tertentu lainnya dan dimoderatori oleh widyaiswara PPPPTK BBL Bakti Gunawan, S.Pd, M.Pd.

(Baca Selengkapnya)

PTPSYAIM


JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang website P4TK MEDAN?
Sangat Bagus
Bagus
Cukup Bagus
Kurang Bagus

HASIL POLLING
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 203760 kali