LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
PPPPTK BBL MEDAN

Drs. Rasoki Lubis, M. Pd
NIP. 196604101991031004

Diklat Penguatan Kepala Sekolah Jalur Mandiri 08 s.d. 15 Oktober 2019
Ditulis oleh : DAI - Bidang :

10 Oktober 2019 - 11:40:35 WIB

Dalam rangka mewujudkan generasi muda yang kompeten dan unggul dengan memiliki kemampuan bersaing, kritis, kreatif dan inovatif,  sekolah sebagai pusat pembelajaran memerlukan kepala sekolah yang visioner dan memiliki kemampuan unggul dalam tata kelola, akuntabilitas dan pencitraan publik. Keberhasilan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas mutu Pendidikan juga tidak terlepas dari kompetensi dan kemampuannya menjalankan tugas, peran dan fungsinya sebagai kepala sekolah. Sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah, bahwa seorang kepala diharapkan memiliki kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervise dan sosial.

  Kewajiban guru calon Kepala Sekolah untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah sebelum menjabat sebagai Kepala Sekolah telah diatur sejak tahun 2010 melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah/Madrasah Pasal 6. Pada kenyataannya, masih banyak Kepala Sekolah yang sekarang telah menduduki jabatannya tanpa melalui Pendidikan dan Pelatihan Calon Kepala Sekolah. Hal ini tidak sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan sebagaimana tentang pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 dan sesungguhnya belum memenuhi persyaratan untuk menjadi Kepala Sekolah.

  Dalam rangka memenuhi peraturan tersebut, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah bahwa bagi Kepala Sekolah yang telah diangkat sebelum diundangkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tersebut, wajib mengikuti Diklat Penguatan Kepala Sekolah untuk memperoleh Sertifikat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan Penguatan Kepala Sekolah.

  Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) BIdang Bangunan dan Listrik mengadakan kegiatan Diklat Penguatan Kepala Sekolah yang dilaksanakan pada tanggal 8 s.d. 15 Oktober 2019 di PPPPTK BBL Medan. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Sekola yang berasal dari Kota Medan, Kab. Deli Serdang, Kab. Labuhanbatu, Kab. Labuhanbatu Selatan, Kab. Toba Samosir, Kab. Nias Selatan, Kab. Padang Lawas Utara. Total peserta Diklat Penguatan Kepala Sekolah ini sebanyak 80 orang.

  Hasil yang diharapkan dengan adanya Diklat Penguatan Kepala sekolah agar Kepala Sekolah mampu memimpin dan mengelola Sekolah; menguasai seluruh kompetensi yang harus dimiliki oleh Kepala Sekolah dalam menjalankan tugasnya; menumbuhkembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan pada dimensi kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi dan sosial; memiliki performa sebagai Kepala Sekolah yang profesional bagi seluruh warga sekolah; menjadi contoh ketangguhan, optimisme, kreatifitas bagi seluruh warga sekolah di satuan Pendidikan yang dipimpin.

(Baca Selengkapnya)

DAISYAIM

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang website P4TK MEDAN?
Sangat Bagus
Bagus
Cukup Bagus
Kurang Bagus

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 183868 kali