LOGIN ADMIN DINAS / OPERATOR
PPPPTK BBL MEDAN

Drs. Rasoki Lubis, M. Pd
NIP. 196604101991031004

DIKLAT TEKNISI BENGKEL SMK PRODUKTIF TANGGAL 23 APRIL S.D 2 MEI 2019 DI DEPARTEMEN TEKNIK MESIN P4TK BBL MEDAN
Ditulis oleh : Didi Armadi - Bidang : Departemen Mesin

26 April 2019 - 16:56:07 WIB

Melalui Instruksi Presiden nomor 9 tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan, dunia pendidikan khususnya SMK sangat terbantu karena terciptanya sinergi antar instansi dan lembaga terkait sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing dalam usaha mengangkat kualitas SMK. Kegiatan ini diharapkan dapat memudahkan penyebaran informasi bagaimana tentang Revitalisasi SMK yang baik dan benar kepada seluruh stakeholder sehingga bisa menghasilkan lulusan terampil, kreatif, inovatif, tangguh dan sigap menghadapi tuntutan dunia global yang semakin pesat.

Secara teknis SMK teknologi dan industri sebagai penyelenggara pendidikan dapat diidentikkan sama dengan sebuah industri. Keduanya menghasilkan produk tertentu yang harus berkualitas. Di SMK bahan bakunya diolah melalui proses belajar mengajar, terkait dengan pengembangan kompetensi, dewasa ini telah menggunakan standar manajemen perawatan.

Tujuan Diklat Teknisi Bengkel SMK Produktif  di Departemen Teknik Mesin adalah untuk meningkatkan kompetensi Tenaga Kependidikan  atau Teknisi dalam teknik perencanaan , menyusun kebutuhan alat dan bahan, merancang program pemeliharaan  alat dan bahan serta menyusun manual mutu prosedur dan instruksi kerja pengelolaan dan perawatan mesin di SMK masing-masing sehingga peserta didik di dalam melaksanakan praktek permesinan dapat berjalan dengan baik sesuai harapan pemerintah.

Fasilitator pada Diklat Teknisi Bengkel SMK ProduktifĂ‚  di Departemen Teknik Mesin adalah Widyaiswara Departemen Teknik Mesin yaitu

1. Johnson Tambun, ST. M.Pd

2. Demri Sirait, ST

Struktur Program Diklat Teknisi Bengkel SMK Produktif  di Departemen Teknik Mesin mencakup materi umum, materi pokok dan materi penunjang dengan total waktu 100 jp. Rincian materi dan alokasi waktu dapat dilihat di bawah ini

1. Kebijakan umum ,kebijakan kementerian atau GTK  6 jp

2. Program Pokok

Dasar-dasar pengelolaan bengkel atau lab 4 jp

Pengoperasian peralatan dan penggunaan peralatan 10 jp

Pemeliharaan dan perawatan peralatan atau bahan 70 jp

Pengevaluasian dan pengembangan kegiatan  8 jp

3. Program Penunjang,  Evaluasi 2 jp

Penilaian peserta Diklat Teknisi Bengkel SMK Produktif  di Departemen Teknik Mesin bertujuan untuk memberikan gambaran yang obyektif tentang pencapaian hasil belajar peserta diklat. Hasil penilaian tersebut untuk mengetahui keberhasilan penyelenggaraan diklat dalam mencapai tujuan dan sasarannya, serta sebagai tindak lanjut penyempurnaan pelatihan selajutnya.

Peserta Diklat Teknisi Bengkel SMK Produktif  di Departemen Teknik Mesin yang memenuhi kriteria administratif dan akademik akan diberikan sertifikat sebagai peserta.

JAJAK PENDAPAT
Bagaimana menurut anda tentang website P4TK MEDAN?
Sangat Bagus
Bagus
Cukup Bagus
Kurang Bagus

HASIL POLLING
AGENDA DINAS TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Browser :
  • OS : Unknown Platform
  • Dikunjungi sebanyak : 146855 kali